Bagaimana Sebuah Form Login Dibuat, Script Membuat Form Login Sederhana


25/08/2014, Pernah membuka facebook, twitter, atau situs forum seperti kaskus, dll.

Untuk mengakses situs mereka kalian diharuskan menjadi anggota/ user mereka, selain anggota tidak diijinkan untuk mengakses situs mereka, dari itu mereka menyiapkan form login yang terdiri email, dan password.

Untuk mendapatkan email dan password, kalian harus mendaftar terlebih dahulu, setelah itu kalian baru bisa memasuki situs mereka dengan memasukan email dan password yang telah didaftarkan tadi.

Disini kita akan belajar membuat form login sederhana, bukan cara membuat form signup sederhana, mungkin artikel berikutnya kita akan membahasnya.

Untuk membuat form login nya cukup sederhana, kita hanya menggunakan kode-kode html saja untuk membuat formnya. Berikut script nya.

 
<html>
<head><title>Cara Membuat Form Login Sederhana</title></head>
<body>
<form name="formLogin" method="post" action="proses.php">
Username :<input name="email" type="text" size="30">
Password :<input name="password" type="password" size="30">
<input type="submit" name="login" value="Login">
 
</body>
</html>


Di dalam tag <body> itu adalah kode membuat form loginnya, dan untuk input type="submit" akan menjadi sebuah tombol login, yang kalau diklik akan mengirim ID kalian ke proses.php untuk diproses, dan jika benar email dan password yang tadi kita masukkan telah terdaftar, kita akan langsung diarahkan ke halaman mereka.

Disini belum akan saya jelaskan bagaimana email dan password yang kita masukkan akan diproses nantinya, ini akan di bahas di artikel berikutnya dengan membuat file proses.php nya jadi tunggu aja ya.
Baca juga kelebihan dan kekurangan blackberry messenger/ BBM pada versi android.
Previous
Next Post »