Bagaimana Sebuah Form Login Akan Di Proses, Membuat File Action Login


Mungkin kalian sudah mengerti cara membuat form login sederhana dengan html, dan sudah di jelaskan pula di artikel sebelumnya Bagaimana Sebuah Form Login Dibuat, Script Membuat Form Login Sederhana.

Tapi bagaimana email dan password kalian akan di proses nantinya, mungkin kalian masih bertanya-tanya untuk hal yang satu ini, kali ini kita akan coba membahasnya dengan membuat file proses.php nya.

Sebelum dijelaskan lagi kita akan coba melihat file proses.php nya.

<?php include ('koneksi.php'); // file koneksi.php adalah file yang terhubung dengan server.
$email = $_POST['email']; // menangkap email yang tadi kalian masukkan dan memberikannya kedalam variabel email
$password = $_POST['password'];
$query =mysql_query("SELECT * FROM login WHERE email='$email' and password = '$password'"); // mengambil email dan password yang kalian masukkan
if(mysql_num_rows($query) == 1) { header ('location:show.php');
} // dan jika email dan password bernilai true, maka kita akan diarahkan ke halaman show.php
else { header ('location:singup.php');
} // ini yang akan terjadi kalau email atau password yang dimasukkan bernilai false, kita akan diarahkan ke halaman signup.php
?>

Pada saat kita klik tombol login, file proses.php akan mulai memproses dan mengkoneksikannya ke server dan tempat penyimpanan data user/ database.

Jika file proses.php berhasil memproses dan menemukan kesamaan email dan password di dalam database, maka akan diproses lebih lanjut.

Dan jika file proses.php tidak menemukan atau terjadi ketidaksamaan data, maka akan diminta login kembali atau bisa diarahkan ke halaman pendaftaran lagi tergantung pada perintah script nya.

Ini saya jelaskan sesederhana mungkin, dan semoga bisa dimengerti dengan baik, jika ada pertanyaan lain bisa ditanyakan di dalam komentar yang tersedia di bawah artikel ini.
Baca juga ternyata nonton youtube gratis pakai blackberry itu bisa.
Previous
Next Post »